banner 728x250

Semangat Anak Putus Sekolah di Perkampungan Jayawijaya Belajar Membaca

banner 120x600

Jayapura – Satgas Rasaka Cartenz Polda Papua melaksanakan Program Polisi Mengajar (Si Ipar) di Kampung Kama, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan dengan materi mengenal huruf dan angka pada Minggu (28/05/2023) siang. Upaya ini demi meningkatkan literasi di tengah anak-anak putus sekolah di kampung itu.

Kasat Binmas Polres Jayawijaya, Ipda Benyamin Tandipayung, mengungkapkan bahwa materi dasar ini diberikan karena masih banyak anak-anak binaan di Kampung Kama yang belum memiliki kemampuan membaca.

Program tersebut bertujuan memberikan dasar pembelajaran kepada anak-anak binaan Ops Rasaka Cartenz agar dapat membaca dan berhitung dengan baik.

Selain pembelajaran, sebanyak 7 orang itu juga diberikan motivasi agar tetap semangat dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh personel. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan minat belajar mereka serta memberikan dorongan positif.

“Kami berupaya memberikan pendidikan dasar kepada anak-anak binaan kami sehingga mereka dapat menguasai keterampilan membaca, menulis, dan berhitung secara lancar di masa depan. Mereka mengikut ini dengan antusias dan rasa ingin tahu yang tinggi,” ujar Ipda Benyamin.

Sementara itu, Kasatgas Humas Ops Rasaka Cartenz Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom saat dimintai keterangan, Senin (29/05/2023) mengatakan, dengan program Si Ipar ini, diharapkan anak-anak putus sekolah di Kampung Kama dapat memperoleh kesempatan untuk meningkatkan keterampilan literasi.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Jayawijaya cukup rendah yakni 58,03 atau di bawah angka 60 yang merupakan kategori sedang. Harapannya melalui kegiatan ini dapat mendongkrak kemajuan dan potensi yang mereka miliki sehingga dapat bermanfaat baik dalam kehidupan mereka sehari-hari,” kata Kasatgas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *